Bank BUKU 4: Cek 10 Daftar Bank BUKU 4 di Indonesia

Bank BUKU 4


Bank BUKU 4 adalah bank yang memiliki modal inti (ekuitas) lebih dari Rp 30 triliun rupiah. Bank BUKU singkatan dari Bank Umum berdasarkan Kegiatan Usaha (BUKU). OJK membagi jenis bank di Indonesia menjadi 4 jenis BUKU yaitu: Bank BUKU 1, BUKU 2, BUKU 3 dan BUKU 4. Perbedaan masing-masing tiap Bank BUKU terletak pada modalnya.

Bank BUKU 4 sendiri adalah bank yang memiliki cakupan bisnis yang lebih luas dibanding BUKU 1-3. Bank BUKU 4 bahkan bisa ekspansi hingga ke luar negeri. Sementara Bank BUKU 1-3 tidak memiliki izin untuk ekspansi hingga ke luar. Bank BUKU 4 pada tahun 2021 ada yang bertambah, sehingga total menjadi 10. Bank yang baru masuk ke daftar Bank BUKU 4 yaitu Bank BTPN, Bank Permata dan Bank OCBC INSP. Berikut daftar bank BUKU 4:

Bank BUKU 4

Modal inti

Bank OCBC NISP

Rp 31,2 triliun

Bank BTPN

Rp 34,7 triliun

Bank Permata

Rp 36 triliun

Bank CIMB Niaga

Rp 41 triliun

Bank Danamon

Rp 44 triliun

Bank Panin

Rp 47 triliun

Bank BNI

Rp 119 triliun

Bank BCA

Rp 187 triliun

Bank Mandiri

Rp 189 triliun

Bank BRI

Rp 197 triliun


Daftar Bank BUKU 4 di Indonesia:

1. Bank OCBC NISP

Bank OCBC NISP Tbk (IDX: NISP) adalah bank BUKU 4 yang memiliki modal inti atau ekuitas sebesar Rp 31,2 triliun. Hingga Juni 2021 Bank OCBC NISP memiliki aset mencapai Rp 201 triliun.

2. Bank BTPN

Bank BTPN Tbk (IDX: BTPN) adalah bank BUKU 4 dengan modal inti Rp 34,7 triliun. Bank BTPN baru saja masuk daftar bank BUKU 4 sejak merger dengan Bank Sumitomo. Hingga Juni 2021 BTPN memiliki aset mencapai Rp 176 triliun.

3. Bank CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga Tbk (IDX: BNGA) adalah bank BUKU 4 berikutnya. CIMB Niaga termasuk bank BUKU 4 yang sudah lama, namun perkembangan bank ini termasuk lamban dibanding yang lain, sehingga modal inti / ekuitasnya hanya sebesar Rp 41,4 triliun. Aset Bank CIMB Niaga Juni 2021 sebesar Rp 289 triliun.

LIHAT JUGA:  Daftar Kredit Macet Bank BUKU 4, Siapa Terbesar? 

Lambatnya perkembangan Bank CIMB Niaga karena bank ini sangat royal membagikan dividen ke pemegang saham. Sehingga laba ditahannya lebih sedikit untuk dijadikan modal.

4. Bank Danamon

Bank Danamon Indonesia Tbk (IDX: BDMN) adalah Bank BUKU 4 mencapai Rp 44 triliun. Modal inti Bank Danamon meningkat sejak merger dengan Bank BNP. Bank Danamon hingga Juni 2021 memiliki total aset mencapai Rp 193,7 triliun.

5. Bank Panin

Bank Pan Indonesia Tbk (IDX: PNBN) adalah bank BUKU 4 yang memiliki modal inti sebesar Rp 47 triliun. Hingga Juni 2021 Bank Panin memiliki total aset mencapai Rp 205,78 triliun.

 LIHAT JUGA: 10 Aplikasi Trading Saham Terbaik

Bank Panin dikenal sebagai saham yang tidak pernah membagikan dividen atau laba bersih ke pemegang saham. Meskipun bank ini selalu menahan laba bersih untuk dijadikan modal, tetapi perkembangan Bank Panin tergolong lambat dibanding bank lain.

6. Bank BNI            

Bank BNI (Persero) Tbk  (IDX: BBNI) adalah salah satu bank BUMN yang masuk ke daftar Bank BUKU 4. Bank BNI memiliki modal inti sebesar Rp 119 triliun. Hingga Juni 2021 Bank BNI memiliki total aset sebesar Rp 875 triliun. Saham BBNI termasuk saham yang rajin membagikan dividen ke investor. Dividen Bank BNI (BBNI) tahun 2021 mencapai Rp 820 miliar.

7. Bank BCA

Bank BCA Tbk (IDX: BBCA) adalah Bank BUKU 4 dengan modal inti mencapai Rp 187 triliun. Bank BCA adalah satu-satunya bank swasta terbesar yang memiliki aset Rp 1.129 triliun.

LIHAT JUGA: Cara Mendapatkan Dividen Saham

Bank BCA sudah berdiri sejak tahun 1957, kemudian tercaat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2000. Saham Bank BCA (BBCA) dikenal sebagai saham yang sangat royal membagikan dividen ke investor. Dividen saham BBCA dari tahuk ke tahun selalu dibagikan.

9. Bank Mandiri

Bank Mandiri (IDX: BMRI) adalah bank BUMN yang memiliki modal inti sebesar Rp 189 triliun. Bank Mandiri dikenal sebagai bank pemilik aset terbesar di Indonesia. Aset Bank Mandiri per Juni 2021 mencapai Rp 1.580 triliun. Bank Mandiri juga dikenal sebagai saham yang royal membagikan dividen tiap tahun ke investor.

10. Bank BRI

Bank BRI (Persero) Tbk (IDX: BBRI) adalah bank BUMN pemilik modal terbesar di Indonesia. Bank BRI per Juni 2021 memiliki modal inti sebesar Rp 200,2 triliun. Aset Bank BRI tercatat sebesar Rp 1.450 triliun per Juni 2021.

LIHAT JUGA: Histori Dividen Bank BJB Sejak IPO

Bank BRI senantiasa rutin membagikan dividen tiap tahun. Bank BRI belum pernah absen membagikan laba bersihnya ke investor. Bank BUMN yang satu ini juga semakin bertambah besar sejak Kementrian BUMN melakukan penggabungan Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) di bawah Bank BRI.

Bank BUKU 4

Bank BUKU 4 adalah daftar bank yang memiliki modal inti di atas Rp 30 triliun. Bank BUKU 4 juga memiliki keuntungan lebih dibandingkan bank BUKU 3, 2 dan BUKU 1. Bank BUKU 4 diperbolehkan untuk mengembankan sayap hingga ke seluruh dunia.

0 comments

Posting Komentar

Berita Terbaru

    Berita Utama

    Aplikasi Trading Saham Terbaik dan Resmi Terdaftar di OJK

    Aplikasi Trading Saham Terbaik dan Resmi Terdaftar di OJK - Membuat para investor pemula merasa tenang dan nyaman untuk trading saham di Bu...