IPO WIRG Tetapkan Harga Rp168, Cek Prospek Saham WIR Asia!

IPO WIR Asia
Kuhuni.com – Jadwal IPO WIRG (WIR Asia) akan listing di Bursa Efek Indonesia 4 April 2022. Jadwal masa penawaran awal (bookbuilding) saham WIRG dimulai tanggal 14 – 17 Maret 2022. Jadwal masa penawaran umum perdana saham diperkirakan tanggal 29 – 31 Maret 2022.

Harga saham WIRG (WIR Asia) ditawarkan ke publik seharga Rp168 per lembar. Harga ini naik 18 poin dari harga bawah pada masa penawaran awal dari harga Rp150 – Rp175 per lembar saham.

WIR Asia (IDX: WIRG) adalah perusahaan bergerak dalam bidang Jasa teknologi informasi termasuk bidang multimedia, telekomunikasi dan periklanan.

Kantor Pusat PT WIR Asia Tbk (IDX: WIRG) berada di Jalan Panjang Raya No.70 Kebon Jeruk Jakarta 11530 - Indonesia. Tel (+62-21) 5367 8064, Fax (+62-21) 5367 4611.

PT WIR Asia Tbk (IDX: WIRG) saat ini merupakan pemain terkemuka dalam teknologi realitas digital (digital reality), yang mencakup Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial intelligence (AI) di Indonesia ataupun di ranah internasional.

WIR Group telah menyelesaikan lebih dari 1.000 proyek, yang meliputi proyek pengembangan aplikasi AR dan VR dan proyek branding, untuk korporasi dari beragam sektor industri yang berada di lebih dari 20 negara. WIR Group memiliki 5 paten teknologi.

Kegiatan usaha utama Perseroan melalui Perusahaan Anak yaitu menyediakan jasa teknologi berbasis AR dengan menggabungkan teknologi VR, AI, Internet of Things (IoT) dan teknologi pendukung lainnya seperti Blockchain dan mechatronics sebagai sarana untuk menghasilkan ide dan produk yang memungkinkan interaksi antara dunia virtual dan dunia nyata yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konsumen.

Lihat Juga: Jadwal IPO TLDN, Cek Prospek Saham Teladan Prima Agro Tbk

Perseroan melalui Perusahaan Anak menawarkan jasa teknologi terintegrasi yang menawarkan 3 solusi utama untuk konsumen yaitu:

  1. Solution for Brands, menyediakan jasa dalam membangun teknologi digital reality dengan tujuan membantu klien memberikan pengalaman interaktif terhadap konsumen atas produk-produk yang ditawarkan klien ke masyarakat dengan tujuan untuk untuk meningkatkan penjualan.
  2. Solution for IoT Kiosk, menyediakan layanan periklanan kreatif menggunakan teknologi AR dalam berinteraksi dengan konsumen terutama pada merk-merk Fast Moving Consumer Good (FCMG).
  3. Solution for Commerce, menyediakan jaringan toko ritel virtual yang memfalisitasi gerai-gerai ritel offline untuk menawarkan produknya kepada masyarakat luas secara online dengan merek Mind Stores.

Perseroan memiliki keunggulan kompetitif sebagai berikut:

  1. Pengembangan teknologi AR yang terdepan di Indonesia dan wilayah Asia Tenggara
  2. Perseroan memiliki posisi yang baik dalam disrupsi dan komersialisasi teknologi AR/VR/AI
  3. Kemampuan inovasi Perseroan dalam teknologi AR untuk memberi solusi kepada industri untuk beradaptasi dalam perubahan digital
  4. Perseroan dapat mengkomersialisasi teknologi AR/VR melalui berbagai model bisnis untuk menghasilkan arus pendapatan yang visible
  5. Perseroan didukung oleh unit konsultan strategi branding untuk memberikan jaringan brand dan klien yang luas
  6. Perseroan telah memenangkan berbagai penghargaan di dalam dan luar negeri

IPO WIR Asia (IDX:WIRG) menawarkan saham ke publik sebanyak 2.337.090.000 (dua miliar tiga ratus tiga puluh tujuh juta sembilan puluh ribu) saham biasa. Jumlah ini setara dengan 20% dari jumlah seluruh modal disetor perseroan dengan nilai nominal Rp5,.

Saham WIRG juga menawarkan waran seri I sebanyak  771.239.700 (tujuh ratus tujuh puluh satu juta dua ratus tiga puluh sembilan ribu tujuh ratus) Waran Seri I dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor. Setiap investor yang memegang 10 saham baru berhak memperoleh 3 Waran secara cuma-cuma atau 10:3. 

WIR Asia Tbk (WIRG) akan meraih dana segar dari IPO sebesar Rp392,63 miliar.

Apabila terjadi kelebihan pemesanan pada penjatahan terpusat, Perseroan akan mengeluarkan sebanyak-banyaknya 233.709.000 (dua ratus tiga puluh tiga juta tujuh ratus sembilan ribu) saham biasa atas nama (“Saham Tambahan”, bersama-sama dengan Saham Yang Ditawarkan disebut sebagai “Saham Baru”) dengan nilai nominal Rp5 (lima Rupiah) setiap saham atau mewakili sebanyak-banyaknya 1,96% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Harga penawaran sebesar Rp168 (seratus enam puluh delapan Rupiah) setiap saham, sehingga jumlah Penawaran Umum secara keseluruhan adalah sebanyakbanyaknya Rp431.894.232.000 (empat ratus tiga puluh satu miliar delapan ratus sembilan puluh empat juta dua ratus tiga puluh dua Rupiah).

Perseroan juga mengadakan program ESA dengan jumlah sebanyak 1,02% dari Saham Yang Ditawarkan dalam Penawaran Umum atau sebanyak 23.771.900 (dua puluh tiga juta tujuh ratus tujuh puluh satu ribu sembilan ratus) saham.

Perseroan juga mengadakan Program Opsi Kepemilikan Saham kepada Manajemen dan Karyawan (Management and Employee Stock Option Program atau “MESOP”) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 10% (sepuluh persen) dari jumlah modal ditempatkan dan disetor atau sebanyak-banyaknya 934.836.000 (sembilan ratus tiga puluh empat juta delapan ratus tiga puluh enam ribu) saham.

Berdasarkan prospektus yang diterbitkan perseroan. Dana hasil penawaran umum yang diperoleh saham WIRG akan digunakan untuk:

1. Sekitar 80,59% akan digunakan oleh Perusahaan Anak, yaitu ATK, TAM, dan VMR, untuk belanja modal atau Capital Expenditure (CAPEX) dan modal kerja atau Operational Expenditure (OPEX);

2. Sekitar 7,40% akan digunakan oleh Perseroan untuk belanja modal atau Capital Expenditure (CAPEX);

3. Sekitar 6,72% akan digunakan oleh Perseroan untuk modal kerja atau Operational Expenditure (OPEX); dan

4. Sisanya akan digunakan untuk pengembangan usaha dan/atau ekspansi melalui kemitraan strategis dengan Perseroan dan/atau Perusahaan Anak yang diharapkan dapat bersinergi dan memberikan kontribusi positif nantinya untuk Perseroan serta memberikan manfaat tambahan dari segi keuangan,

Sedangkan dana yang akan diperoleh dari hasil pelaksanaan Waran Seri I akan digunakan untuk:

1. Sekitar 88,88% akan diberikan kepada Perusahaan Anak, yaitu VMR, dalam bentuk peningkatan penyertaan modal, untuk belanja modal atau Capital Expenditure (CAPEX) dan modal kerja atau Operational Expenditure (OPEX).

2. Sekitar 2,28% akan digunakan oleh Perseroan untuk belanja modal atau Capital Expenditure (CAPEX) sehubungan dengan kegiatan usaha yang dijalankan oleh Perseroan untuk riset dan pengembangan.

3. Sisanya akan digunakan Perseroan untuk modal kerja atau Operational Expenditure (OPEX) Perseroan dalam rangka memenuhi kebutuhan operasional seperti termasuk namun tidak terbatas pada infrastruktur cloud dan biaya promosi dan pemasaran.

Lihat Juga: 

IPO saham WIRG menunjuk broker saham sebagai penjamin pelaksana emisi efek yaitu Broker KI – Ciptadana Sekuritas.

Jadwal  IPO WIRG (WIR Asia Tbk):

1.  Masa Penawaran Awal Saham WIRG: 14 – 17 Maret 2022

2.  Masa Penawaran Umum Saham WIRG: 29 – 31 Maret 2022

3.  Tanggal Penjatahan Saham dan Waran WIRG: 31 Maret 2022

4.  Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan Saham WIRG: 1 April 2022

5.  Tanggal Distribusi Saham dan Waran WIRG Secara Elektronik: 1 April 2022

6.  Tanggal Pencatatan Saham WIRG di BEI: 4 April  2022

7.  Tanggal Perdangangan Waran WIRG Seri I : 4 April 2022

8.  Pemesanan IPO saham WIRG dilakukan secara E-IPO

0 comments

Posting Komentar

Aplikasi Trading Saham Terbaik

Aplikasi Trading Saham Terbaik
Aplikasi Trading Saham Terbaik Resmi Terdaftar di OJK

Berita Utama

10 Aplikasi Trader yang Terdaftar di OJK: Paling Aktif Maret 2022

Aplikasi Trader yang Terdaftar di OJK – Saat ini para trader saham dapat melakukan transaksi jual beli saham lewat aplikasi di ponsel (HP). ...