Investasi ORI 020: Cara Membeli dan Keuntunganya

Obligasi Negara Ritel

ORI (Obligasi Negara Ritel) adalah salah satu insturmen investasi berupa Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan ke masyarakat Indonesia di Pasar Perdana. ORI yang ditawarkan pemerintah ke masyarakat biasanya memiliki nomor seri. Pemerintah kali ini menawarkan ORI 020.

ORI 020 adalah jenis investasi yang aman, mudah, terjangkau serta menguntungkan bagi masyarakat. Investasi ORI020 ini dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia berbentuk SBN. Pemerintah akan membayar bunga setiap bulan ke investor / masyarakat yang sudah membeli ORI 020. Nantinya pemerintah akan membayar bunga dalam bentuk kupon ori 20 atau kupon ori020.

Kenapa pemerintah mengeluarkan ORI 020? Pemerintah mengeluarkan ORI 020 karena pemerintah membutuhkan uang untuk  menutupi kekurangan APBN. Pemerintah pun meminjam uang dari masyarakat. Artinya pemerintah ngutang ke masyarakat. Berikut keterangan ORI 020.

Tentang ORI 020

1. Penerbit
Penerbit atau yang mengeluarkan adalah Pemerintah Republik Indonesia.

2. Masa penawaran ORI 020

Masa penawaran ORI 020 mulai 4 Oktober 2021 - 21 Oktober 2021. Jadi bagi masyarakat Indonesia yang ingin membeli ORI 020 bisa memesan dari broker/agen penjual ORI 020 sampai tanggal 21 Oktober 2021. Lewat dari tanggal itu tidak bisa pesan lagi.

Lihat Juga: 10 Aplikasi Reksadana Terbaik

3. Pengumuman Hasil Penjualan

Pengumuman hasil penjualan tanggal 25 Oktober 2021.

4. Penerbitan ORI 020
Penerbitan ORI 020 tanggal 27 Oktober 202. Bagi investor ritel yang berhasil mendapatkan ORI 020 akan diterbitkan bukti pembelian ORI 020.

5. Kupon ORI 020 4,95 Per Tahun

Kupon ORI 020 sebesar 4,95 per tahun. Besar kupon ORI020 bersifat tetap dan tidak berubah.

6. Minimal / Minimum Pemesanan

Minimal pemesanan ORI 020 adalah sebesar Rp 1 juta. Pemesanan dilakukan berdasarkan kelipatan 1 juta. Misalnya pesan 1 juta, 3 juta, 5 juta. Pemesanan tidak boleh 1,5 juta.

7. Maksimal Pemesanan

Maksimal pemesanan ORI 020 sebesar Rp 2 miliar.

8. Janka Waktu ORI 020

Jangka waktu ORI 020 selama 3 Tahun yaitu sampai 15 Oktober 2024.

9. Pajak ORI 020

Besar pajak ORI 020 adalah 10% berupa PPh final.

10. Bentuk ORI 020

Tanpa warkat (scripless) dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan hanya antar investor domestik yang mengacu pada digit ketiga kode Nomor Tunggal Identitas Pemodal (Single Investor Identification/SID)

12. Pembayaran Kupon

Pembayaran kupon ORI 20 dilakukan setiap tanggal 15 setiap bulannya. Kupon pertama dibayarkan tanggal 15 Desember 2021. Pembayaran kupon dilakukan setiap hari kerja. Apabila tanggal 15 libur, maka akan diundur ke tanggal hari bekerja berikutnya tanpa ada kompensasi bunga. Hari kerja adalah hari di mana operasional sistem pembayaran diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

13. Minimum Holding Period (MHP)

ORI 020 minimal disimpan atau hold selama 1 (satu) kali periode pembayaran kupon. Holding Period adalah periode di mana Investor ORI019 belum boleh memindahbukukan kepemilikan ORI-nya. Kepemilikan ORI020 dapat dipindahbukukan mulai tanggal 15 Desember 2021.

 LIHAT JUGA: Cara Mendapatkan Dividen Saham

Keuntungan Investasi ORI

ORI adalah salah satu investasi yang menguntungkan bagi investor. Keuntungan yang diperoleh investor yaitu dari kupon / bunga yang dibayar tiap bulan. Kupon ORI biasanya lebih tinggi dibanding bunga deposito di bank. ORI juga dijamin oleh undang-undang dan sangat aman. Berikut keuntungan investasi ORI: 

1. Kupon ORI dan Pokok dijamin oleh Undang-Undang.

2 Kupon ORI lebih tinggi dibandingkan rata-rata bunga deposito bank

3. Besar bunga kupon tetap sampai pada waktu jatuh tempo

4. Kupon dibayar setiap bulan.

5. ORI dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder (antar Investor Domestik).

6. ORI tersedianya kuotasi harga beli (bid price) dari Mitra Distribusi atau Pihak lain yang bekerja sama dengan Mitra Distribusi.

7. Berpotensi memperoleh capital gain. Karena harga ORI bisa berubah saat diperdagangkan.

8. ORI bisa dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain (sesuai dengan kebijakan di masing-masing Mitra Distribusi).

9. ORI bisa diperdagangkan secara online di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP).

 


Cara Membeli ORI 020

ORI 020 bisa dibeli lewat online dari mana saja. Inilah yang membuat berinvesati ORI sangat mudah dan nyaman. Bagi yang ingin investasi ORI 020 bisa membeli ORI 020 lewat online dari e-SBN. Berikut cara membeli ORI 020:

1. Registrasi ORI

Registrasi ORI bisa dilakukan kapan saja. Baik sebelum penawaran dilakukan. Calon Investor ORI bisa mendaftarkan diri pada sistem elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi. Masukkan data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga.

LIHAT JUGA: Daftar Kode Broker Saham

Bagi Investor yang belum memiliki nomor SID bisa menghubungi broker / Mitra Distribusi untuk membuat SID dan Rekening Dana. Mitra distribusi atau broker seperti broker CC (Mandiri Sekuritas), Bank OCBC NISP, Permata Bank, CIMB Niaga, Bank BNI dan lainnya.

2. Pesan ORI

Investor yang sudah berhasil mendaftar selanjutnya bisa memesan ORI 020. Pemesanan hanya bisa dilakukan pada masa penawaran ORI020. Lewat tanggal masa penawaran tidak bisa memesan lagi.

3. Pembayaran ORI

Pemesanan yang sudah diverifikasi (verified order) akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking)/ Pos/ Lembaga Persepsi Lainnya dalam batas waktu yang ditentukan.

4. Konfirmasi ORI

Investor ORI yang sudah berhasil melakukan pembayara akan mendapatkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order. Investor akan memperoleh alokasi ORI020 pada tanggal setelmen/penerbitan. Setelah tanggal penerbitan atau alokasi penjatahan ORI selesai, investor bisa meminta Bukti Konfirmasi Kepemilikan ORI020 kepada Mitra Distribusi.

ORI 020

ORI 020 adalah investasi yang diterbitkan pemerintah yang bertujuan untuk membangun negeri. Dana hasil ORI 20 akan digunakan pemerintah untuk pembiayaan APBN 2021, termasuk pembiayaan dalam rangka upaya penanganan dan pemulihan dampak pandemi Covid-19.

Masyarakat yang sudah turut serta membeli ORI 020 berarti sudah turut serta membangun Negeri.

0 comments

Posting Komentar

Berita Utama

7 Saham Ini Bagi Dividen Oktober 2021: Cek Dividen Tertinggi!

Dividen saham Tertinggi Oktober 2021 yaitu dividen saham MBAP dan saham UNTR. Sementara saham-saham lainnya membagikan dividen yang lebih ...

Pilihan Pembaca