Ini 5 Saham Terbaik di 2020 Berdasarkan Nilai Kapitalisasi

Ini 5 Saham Terbaik di 2020 Berdasarkan Nilai Kapitalisasi

Kuhuni.com – Apakah kamu tahu saham terbaik di tahun 2020 berdasarkan nilai kapitalisasinya di bursa saham Indonesia? Saham-saham terbaik ini semuanya masuk di jajaran saham blue chip sejak lama. Sepanjang sejarah saham-saham terbaik ini belum pernah keluar dari daftar saham blue chip.Berikut telah dirangkum 5 saham terbaik di tahun 2020 berdasarkan nilai kapitalisasinya. Saham-saham ini juga konsisten mencatatkan laba yang selalu naik tiap tahun.


1.    Saham BBCA

Saham BBCA adalah kode saham untuk Bank BCA. BBCA menempati peringkat pertama saham terbaik dari segi nilai kapitalisasi. Sampai semester 1 tahun 2020, BBCA memiliki nilai kapitalisasi pasar terbesar di bursa efek Indonesia yaitu senilai Rp 702,05 triliun.

Saham BBCA adalah saham yang memiliki fundamental kuat dan juga bagus. Terbukti sejak dulu aset dan ekuitas BBCA selalu mengalami peningkatan secara konsisten. Bank BCA (BBCA) juga dikelola dengan efektif dan efisien, hal ini dibuktikan dengan Return On Asset (ROA) BBCA yang terbaik di kelasnya di bandingkan bank besar lainnya. Hingga Maret 2020 BBCA mencatatkan Return On Asset (ROA) sebesar 2,70%.

ROA merupakan rasio antara laba setelah pajak (earning after tax) terhadap total aset. Semakin besar Return On Asset (ROA) itu artinya kinerja perusahaannya semakin baik dan sebaliknya. Semakin kecil Return On Asset (ROA) itu artinya kinerja perusahaannya kurang baik. Menurut aturan Bank Indonesia, standar yang paling baik untuk Return On Asset (ROA) bank-bank di Indonesia yaitu di atas 1,5%. Artinya bank yang memiliki Return On Asset (ROA) di atas 1,5% adalah bank yang kinerjanya efektif dan  efisien.

2.    Saham BBRI

BBRI adalah kode atau sandi untuk Bank BRI. BBRI berada di urutan nomor dua saham terbaik berdasarkan nilai kapitalisasi. Hingga akhir Maret 2020 nilai kapitalisasi BBRI mencapai Rp 373,73 triliun.

BBRI adalah saham perusahaan terbaik di kelasnya. Hal ini dibuktikan  dari kinerja BBRI yang selalu bertumbuh dengan konsisten. BBRI menempati posisi pertama dengan aset terbesar di kelasnya yakni mencapai Rp 1.358,98 triliun. Mengalahkan Bank Mandiri (BMRI) yang sempat menduduki peringkat pertama. BBRI memiliki Return On Asset (ROA) sebesar 2,40%. Jauh di atas ketentuan Bank Indonesia yang mengatakan bank yang efesian dan efektif ROA di atas 1,5%.

BBRI juga bank pencetak nilai laba bersih terbesar dibandingkan bank-bank lainnya. Ditambah BBRI juga menempati posisi pertama dengan nilai ekuitas terbesar di kelasnya. BBRI memiliki nilai ekuitas mencapai Rp 177,26 triliun.

 3.    Saham TLKM

TLKM adalah kode untuk saham PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau orang lebih mengenal dengan sebutan Telkom. TLKM berada di urutan nomor tiga saham terbaik berdasarkan nilai kapitalisasi. Hingga akhir Maret 2020 TLKM memiliki nilai kapitalisasi sebesar Rp 302,13 triliun.

TLKM merupakan saham yang memiliki fundamental yang terbaik di kelasnya dibandingkan dengan saham sejenis. TLKM selalu konsisten mengalami pertumbuhan baik dari segi aset dan juga ekuitas. TLKM memiliki Return On Equity (ROE) sebesar 22,02% dan Return On Asset (ROA) sebesar 9,69%.

TLKM juga jauh ungul dibandingkan kompetitornya karena jaringan TLKM  sudah mencapai pelosok-pelosok di Indonesia. Hal ini yang tidak bisa disaingi oleh para kompetitornya. TLKM juga menawarkan produk yang sangat lengkap dari hulu ke hilir mulai dari komunikasi, internet dan jasa layanan lainnya. Hal ini yang membuat TLKM jauh unggul dengan pesaingnya.

4.    Saham UNVR

UNVR adalah kode untuk saham Unilever. UNVR berada di urutan nomor empat saham terbaik berdasarkan nilai kapitalisasi. Hingga akhir Maret 2020 UNVR memiliki nilai kapitalisasi sebesar Rp 301,38 triliun. Unilever  merupakan salah satu perusahaan yang memiliki kualitas perusahaan yang bagus dan terpercaya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya produk Unilever yang menjadi pemimpin pasar. Memiliki merek-merek terkenal dan terpercaya baik di dalam negeri maupun internasional. Kekuatan merek Unilever membuat produknya mudah dijumpai di mana-mana. Mulai dari toko/warung kecil hingga ke supermarket besar. Bahkan banyak orang tidak pernah terlepas dari produk-produk Unilever, mulai dari bangun hingga tidur.

Unilever juga memiliki kualitas perusahaan yang bagus. Tercermin dari Return on Equity (ROE) Unilever yang selalu di atas 100%, misalnya pada tahun 2018 ROE mencapai 142%, begitu juga  2019 ROE juga di atas 100%. ROE adalah kemampuan perusahaan menghasilkan laba dari total modal yang digunakan oleh perusahaan. Dalam hal ini, apabila ROE di atas 100% artinya perusahaan bisa menghasilkan laba lebih besar dari modal yang dimiliki.

Unilever juga sangat royal membagikan dividen ke pemegang sahamnya. Dividen UNVR yang dibagikan setiap tahun mencapai 90-99 % tiap tahunya. Bahkan beberapa tahun belakangan dividen yang dibagikan hampir mencapai 100% dari total laba bersih yang diperoleh. Hal ini membuktikan bahwa unilver tetap mampu bertumbuh meskipun laba yang diperoleh selalu dibagikan ke pemegang saham. Ini juga sebagai cerminan bahwa Unilver dikelola oleh manejemen yang bagus. Artinya manajemen benar-benar mampu bekerja untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Logika senderhananya adalah tidak mungkin Unilever mampu membagikan laba secara rutin hampir 100% tiap tahun apabila manajemennya tidak becus bekerja untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.


5.    Saham BMRI

BMRI adalah kode untuk Bank Mandiri di bursa efek Indonesia. BMRI berada di urutan nomor lima saham terbaik berdasarkan nilai kapitalisasi. Hingga akhir Maret 2020 BMRI memiliki nilai kapitalisasi sebesar Rp 230,99 triliun.

Bank Mandiri (BMRI) hingga saat ini memiliki aset senilai Rp 1.320,04 triliun, jauh sedikit di bawah Bank BRI. Bank Mandiri (BMRI) memiliki Return On Asset (ROA) sebesar 2,39% yang artinya BMRI memiliki kenerja yang efektif dan juga efisian.

1 komentar

  1. Fundamental kuat TLKM ditopang oleh Telkomsel dengan basis pelanggan yang cukup besar

    BalasHapus


EmoticonEmoticon

Berita Utama

5 Aplikasi Jual Beli Saham Terbaik di Indonesia

Aplikasi jual beli saham terbaik di Indonesia – Aplikasi jual beli saham adalah sebuah aplikasi (apk) yang banyak digunakan para trader s...

Pilihan Pembaca