Saham WMPP, Profil dan Sejarah Widodo Makmur

Widodo Makmur


Saham WMPP tercatat (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) tanggal 6 Desember 2021. Harga saham WMPP sebesar Rp160 per lembar saham. Ini adalah harga saat pertama kali listing di BEI. Jumlah saham WMPP yang dijual ke masyarakat sebanyak 4,41 miliar lembar saham.

Saham WMPP berhasil meraih dana segar dari IPO sebesar Rp 707,04 miliar. IPO saham WMPP menunjuk broker saham sebagai penjamin pelaksana emisi efek yaitu: PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia (broker DP), PT CIMB Niaga Sekuritas, BRI Danareksa Sekuritas (broker OD) dan Mirae Asset Sekuritas Indonesia (broker YP).

Profil Widodo Makmur Perkasa Tbk

Widodo Makmur Perkasa (IDX:WMPP) adalah perusahaan peternakan sapi dan unggas. Awalnya Widodo Makmur memulai bisnis peternakan sapi pada tahun 1996. Kemudian berkembang ke berbagai bisnis lain termasuk perdagangan komoditas pertanian dan perkebunan, dan pengolahan daging.

LIHAT JUGA: Margin Trading Saham, Pengertian dan Contoh

Tahun 2006 Widodo Makmur memperluas peternakan sapi dan pabrik pakan dan membangun rumah potong hewan untuk memasok produk daging di Indonesia.

Sampai saat ini, Widodo Makmur terintegrasi secara vertikal (dari pemeliharaan, penyembelihan, dan kemudian ke pengolahan daging) dan terintegrasi secara horizontal (melalui perdagangan komoditas pertanian dan bisnis perkebunan Perseroan).

LIHAT JUGA: 10 Aplikasi Trading Saham Terbaik

Widodo Makmur Perkasa Tbk memiliki bisnis peternakan sapi dengan kapasitas 172.000 ekor per tahun dan kapasitas rumah potong 300 ekor per hari pada Juli 2021.

Pada tahun 2020, Widodo Makmur meraih pangsa pasar sebesar 10,0% dari total impor sapi ke Indonesia, dan 5,5% dari sapi potong di dalam negeri.

Widodo Makmur memiliki fasilitas pemotongan unggas dengan kapasitas 12.000 ekor per jam. Pada tahun 2020, Perseroan memegang pangsa pasar 1,1% dari total tonase daging broiler yang dijual ke pasar berdasarkan permintaan nasional Indonesia.

LIHAT JUGA: Cara Mendapatkan Passive Income dari Saham

Kantor Pusat perseroan berada Gedung Graha Widodo Makmur Jalan Raya Cilangkap No. 58, Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, 13870
Telpon : (+62 21) 8430 6787 / 88
Fax : (021) 22770817
Website: widodomakmurperkasa.co.id
Email: info@wmp-group.co.id

Sejarah Singkat Widodo Makmur Tbk.

Berikut sejarah singkat perkembangan bisnis Widodo Makmur hingga saat ini.

Tahun 1995 awal mula kegiatan usaha penggemukan sapi di Klaten, Jawa Tengah.

Tahun 2003 pendirian PT Widodo Makmur Perkasa. Pengenalan penggemukan sapi di Bogor, Jawa Barat.

LIHAT JUGA: Cara Trading Saham untuk Pemula Biar Untung

Tahun 2006 pendirian PT Pasir Tengah. Pengenalan penggemukan sapi di Cianjur, Jawa Barat. Pembangunan dan pendirian pabrik pakan ternak Perseroan yang pertama di Cianjur, Jawa Barat.

Tahun 2013 pendirian PT Cianjur Arta Makmur. Pembangunan rumah potong Perseroan yang pertama di Cianjur, Jawa Barat

Tahun 2014 pendirian PT Langgeng Makmur Perkasa. Pendirian PT Pangan Makmur Perkasa. Permulaan Commodity Trading di Cileungsi, Jawa Barat.

Tahun 2016 pengembangan Ricemill modern unit Perseroan yang pertama di Tegal, Jawa Tengah. Pendirian PT Widodofood Makmur Sejahtera.

LIHAT JUGA: Deposit Saham Termurah dan Menguntungkan

Tahun 2017 beroperasinya PT Widodo Makmur Unggas Tbk.  Akuisisi Feedmill di Balaraja-Banten dan pengembangan kegiatan usaha peternakan ayam terintegrasi Perseroan, yang mencakup peternakan pembiakan Grant Parent Stock dan Parent Stock, fasilitas penetasan, RPA, dan peternakan komersial.

Tahun 2020 pembangunan fasilitas penetasan Perseroan yang pertama di Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Pembangunan peternakan komersial Perseroan yang pertama di Wuryantoro, Wonogiri, Jawa Tengah. Pembangunan rumah potong di Giritontro, Wonogiri, Jawa Tengah.

PT Widodo Makmur Tbk memiliki beberapa anak perusahaan yaitu:

1. PT Pasir Tengah (PASTE), kepemilikan sebesar

70%.

2. PT Sinar Daging

Perdana (SDP) kepemilikan sebesar 90%

3. PT Langgeng Makmur Perkasa (LMP) sebesar 70%.

4. PT Widodofood Makmur Sejahtera (WMS) sebesar 95%.

5. PT Cianjur Arta Makmur (CAM) sebesar 99%.

6. PT Widodo Makmur Unggas Tbk. (IDX:WMUU) sebesar 76,50%.

7. PT Prima Widodo Makmur (PWM) sebesar 50%.

8. PT Pangan Makmur Perkasa (PMP) sebesar 70%.

Komposisi Pemegang Saham PT Widodo Makmur Tbk (IDX:WMPP) adalah sebagai berikut:

1. Tumiyana sebesar 18,24%

1. Warsini sebesar 3,40%

2. Mega Nurfitriyana sebesar 0,34%

3. Masyarakat sebesar 15,02%

Dewan Direksi dan Komisaris PT Widodo Makmur Tbk (IDX:WMPP)

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Drs. Raden Marlan
Komisaris : Komjen Pol. (Purn.) Setyo Wasisto, S.H.
Komisaris Independen : Mayjen TNI (Purn.) Aswar Zulkarnain Siregar, M.Sc, MSee.

Dewan Direksi

Direktur Utama : Ir. Tumiyana MBA.
Direktur : Ir. Teddy Mulyawan Subekti
Direktur : Suyatmi MM.
Direktur : Eko Agmi Adriana SE.
Direktur : Ir. Nur Tjahjo MM.

Laporan Keuangan Widodo Makmur (IDX: WMPP)

Berdasarkan prospektus yang diterbitkan Widodo Makmur Perkasa menunjukkan pendapatan perseroan akhir Juni 2021 sebesar Rp 2,7 triliun, naik dari sebelumnya hanya Rp 1,50 triliun. Sementara beban pokok juga ikut naik jadi Rp 2,32 triliun dari sebelumnya mencepai Rp 1,30 triliun.

Laba bersih Widodo Makmur Perkasa (WMPP) tercatat sebesar Rp 100,25 miliar, naik dari sebelumnya hanya Rp 38,27 miliar. Asset perseroan tercatat sebesar Rp 4,17 triliun. Total liabilitas WMPP sebesar Rp 2,6 triliun. Terakhir ekutias Widodo Makmur Perkasa sebesar Rp 1,56 triliun.

0 comments

Posting Komentar

Translate

Berita Terbaru

    Berita Utama

    Kode Broker BK /J.P. Morgan Sekuritas, Broker Asing dengan Transaksi Triliunan

    Kode broker BK - Broker BK adalah broker saham asing milik J.P. Morgan Sekuritas. Broker yang satu ini sejak tahun 2021 transaksinya di Burs...