Jejak Sejarah dan Profil PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG)

Profil  PT Indo Tambangraya Megah Tbk

Profil PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG)

Indo Tambangraya Megah Tbk (IDX: ITMG) berdiri sejak tahun 1987 dan pada tahun 1988 mulai menjalankan kegiatan usahanya secara komersil. Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) salah satu perusahaan batubara di Indonesia. ITMG dikenal sebagai perusahaan yang selalu mencatak laba setiap tahunnya, sehingga ITMG royal membagikan dividen tiap tahun ke pemegang saham.

Kantor Pusat Indo Tambangraya Megah Tbk (IDX: ITMG)
Pondok Indah Office Tower III, Lantai 3, Jln. Sultan Iskandar Muda, Pondok Indah Kav. V-TA, Jakarta Selatan 12310 – Indonesia.
Telepon : 021 - 2932 8100
Faks : 021 - 2932 7999
Email Sekretaris perseroan : monika_krisnamurti@banpuindo.co.id
NPWP perseroan :  01.332.590.7-091.000
BAE perseroan PT. Datindo Entrycom

Direktur Indo Tambangraya Megah Tbk (IDX: ITMG)

Nama

Posisi

Terafiliasi

Mulianto

Direktur Utama

Yes

A.H Bramantya Putra

Wakil Direktur Utama

Yes

Niwat Boonyad

Direktur

Yes

Chom Kongnun

Direktur

Yes

Jusnan Ruslan

Direktur

Yes

Stephanus Demo Wawin

Direktur

Yes

Yulius Kurniawan Gozali

Direktur

Yes

Ignatius Wurwanto

Direktur

Yes

Junius Prakarsa Darmawan

Direktur

Yes

Komisaris Indo Tambangraya Megah Tbk (IDX: ITMG)

Nama

Posisi

Independen

Prof. Djisman Simandjuntak

Komisaris Utama

Yes

Somsak Sithinamsuwan

Komisaris

No

Somruedee Chaimongkol

Komisaris

No

Mahyudin Lubis

Komisaris

Yes

Djoko Wintoro

Komisaris

Yes

Fredi Chandra

Komisaris

No

Kirana Limpaphayom

Komisaris

No


Pemegang Saham Indo Tambangraya Megah Tbk (IDX: ITMG)
Komposisi Pemegang Saham per Juni 2021

Nama Pemegang Saham

Jumlah

Status

   Banpu Minerals (Singapore)        Pte. Ltd.

65.14%

Pengendali

Publik

31.91%

Anggota Direksi dan Dewan Komisaris

0.12%

Saham Treasuri

2.953%

Berikut  ruang lingkup kerja PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) berdasarkan Anggaran Dasar Perseroan sesuai dengan Akta No.96 tertanggal 28 April 2015.


1.    Menjalankan usaha dalam bidang pembangunan dengan melakukan pemborongan di bidang pertambangan umum. Meliputi pemboran, pengupasan, penggalian/penambangan, pengolahan, pemurnian dan kegiatan terkait. Serta pemborongan dalam bidang pertambangan batubara serta pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam terutama batubara dan sumber energi lainnya untuk kepentingan tenaga listrik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan mendirikan pembangkit listrik.


2.    Menjalankan usaha penunjang ketenagalistrikan. Antara lain pembangunan, pemasangan, pemeliharaan peralatan ketenagalistrikan dan pengembangan teknologi yang menunjang penyediaan tenaga listrik dan pembangkit listrik tenaga energi baru lainnya dan tenaga energy terbarukan lainnya.

Baca Juga: Profil dan Sejarah Perkembangan Bisnis Bank BRI

3.    Menjalankan usaha dalam bidang perdagangan yang meliputi ekspor-impor dan perdagangan hasil pertambangan yang meliputi pasir, batu, batubara padat (briket), batu abu tahan api serta kegiatan usaha terkait.


4.    Menjalankan usaha dalam bidang pengangkutan/transportasi pertambangan dan batubara. Termasuk pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas transportasi di bidang pertambangan dan batubara serta kegiatan usaha terkait.


5.    Menjalankan usaha dalam bidang perbengkelan termasuk pemeliharaan dan perawatan (maintenance) untuk segala macam kendaraan bermotor.


6.    Menjalankan usaha dalam bidang industri pengolahan barang-barang dari hasil pertambangan.


ITMG melakukan Penawaran Umum Perdana Saham (IPO) pada 18 Desember 2007. Sebanyak 225.985.000 lembar saham.  PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) dicatatkan di Bursa Efek Indonesia. Sejak itu, ITMG  terus bertumbuh menjadi perusahaan energi berbasis batubara utama di Indonesia yang memasok pasar energi dunia.


Pada akhir 2016, ITMG mencanangkan arah baru kebijakan perusahaan untuk menjadi penyedia produk energi dan jasa dengan mengedepankan pendekatan pembangunan berkelanjutan. Sejak 2018 ITMG secara bertahap melakukan transformasi digital, pada setiap aspek operasi dan bisnisnya.



PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) memiliki wilayah kerja di Kalimantan. Tambang batubara dioperasikan dan dikelola anak perusahaan ITMG.


Jejak Sejarah PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG)


·         1987
PT Indo Tambangraya Megah didirikan  pada 2 September 1987.  Sejak berdiri, namanya tetap sama hingga sekarang dan belum pernah mengalami perubahan.

·         2001
PT Indo Tambangraya Megah   diakuisisi oleh Banpu Minerals (Singapore) Pte. Ltd. melalui PT Centralink Wisesa International

·         2007
Pada 18 Desember 2007 PT Indo Tambangraya Megah   mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia dan berubah menjadi perusahaan terbuka. ITMG  melepas 20% saham kepada publik. Selebihnya dimiliki Banpu Mineral (Singapore) Pte. Ltd 77 sebesar 60% dan PT Sigma Buana Cemerlang 2,40%

·         2008
Saham PT Centralink Wisesa International dialihkan kepada Banpu Mineral (Singapore) Pte. Ltd sebanyak 73,72%, sehingga kepemilikan publik meningkat dari 20% menjadi 26,28%.

·         2010
Banpu Mineral (Singapore) Pte. Ltd melepas 8,72% sahamnya di ITMG pada publik. Banpu Mineral (Singapore) Pte. Ltd  tinggal memiliki 65,00% saham di ITMG. Siisanya dimiliki oleh publik dengan masing-masing kepemilikan kurang dari 5%.

·         2013
Pada tanggal 5 April 2013, ITMG mendirikan anak usaha bernama PT ITM Indonesia dengan kepemilikan saham 100%. Masih di tahun yang sama yakni pada tanggal 11 September, ITMG  mendirikan anak usaha PT Tambang Raya Usaha Tama dengan kepemilikan 100%.

·         2014
Pada tanggal 13 Agustus 2014, ITMG mendirikan anak usaha bernama PT ITM Energi Utama dengan kepemilikan saham sebesar 99,99%. Masih di tahun yang sama yakni pada tanggal 13 Agustus, ITMG  mendirikan anak usaha PT ITM Batubara Utama dengan kepemilikan 100%.

·         2016
Pada tanggal 27 September 2016, ITMG mendirikan anak usaha bernama PT ITM Banpu Power dengan kepemilikan  saham sebesar 70%.

·         2017
PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) mengakuisisi PT Tepian Indah Sukses dengan menguasai saham sebesar 70%. melalui anak perusahaannya yaitu PT ITM Indonesia, mengakuisisi PT Gas Emas dengan kepemilikan 75% saham.

·         2018
PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) mengakuisisi PT Nusa Persada Resources dengan kepemilikan 100%. Pada tahun yang sama, ITMG Mengakuisisi PT Energi Batubara Perkasa dengan kepemilikan 100%.

·         2019
PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) membeli sisa saham PT Tepian Indah Sukses sebesar 30%,  sehingga ITGM memiliki 100%.

Demikianlah profil Indo Tambangraya Megah Tbk (IDX: ITMG) serta sejarah perjalanan bisnis ITMG sejak berdiri hingga saat ini. 

0 comments

Posting Komentar

Translate

Berita Terbaru

    Berita Utama

    Kode Broker BK /J.P. Morgan Sekuritas, Broker Asing dengan Transaksi Triliunan

    Kode broker BK - Broker BK adalah broker saham asing milik J.P. Morgan Sekuritas. Broker yang satu ini sejak tahun 2021 transaksinya di Burs...