IPO SWID Tetapkan Harga Atas, Cek Prospek Saham Saraswati Indoland Developmet

IDX SWID

Kuhuni.com – Jadwal IPO SWID / Saraswanti Indoland Development Tbk (IDX: SWID) akan listing di Bursa Efek Indonesia 7 Juli 2022. Jadwal masa penawaran awal (bookbuilding) saham SWID telah berakhir pada tanggal 17–23 Juni 2022. Jadwal masa penawaran umum perdana saham mulai tanggal 1 – 5 Juli 2022.

Harga saham SWID (Saraswanti) ditetapkan pada harga Rp200 per lembar saham. Harga ini merupakan harga atas dari masa penawaran awal yaitu dari harga Rp180 – Rp200 per lembar saham.

Saraswanti (IDX: SWID) adalah perusahaan bergerak dalam bidang dalam bidang usaha Properti & Real Estate.

LIHAT JUGA:
1. Jadwal IPO HILL / Hillcon, Cek Prospek Saham HILL!
2. Jadwal IPO TRGU / Cerestar Indonesia, Cek Prospek Saham TRGU!
3. Jadwal IPO ARKO, Cek Prospek Saham Arkora Hydro Tbk
4. 
Jadwal IPO HATM, Cek Prospek Saham Habco Trans Maritima Tbk
5. 
Jadwal IPO AXIO, Cek Prospek Saham Tera Data Indonusa Tbk

Saraswanti merupakan salah satu pengembang ternama yang berdiri sejak 2010. Perseroan merupakan anak perusahaan dari Kelompok Usaha Saraswanti, yang bergerak dalam bidang properti, khususnya dalam pengembangan High Rise Building, berupa Apartemen, Condotel, dan Convention Hall.

Saraswanti terbukti telah berhasil mengembangkan suatu kawasan flagship yang merupakan mixed-used, yang terletak di kota Yogyakarta, dengan nama merek Mataram City, yang juga merupakan kantor pusat Perseroan, yang berlokasi di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km. 7, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada tahun 2021, di kawasan Mataram City telah berdiri dua tower Apartemen 19 (sembilan belas) lantai dan satu tower Condotel 19 (sembilan belas) lantai yang dioperasikan sebagai hotel oleh PT Archipelago International Indonesia dengan nama The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center, serta satu Convention Hall dengan nama Mataram City International Convention Center (MICC).

Selain Kawasan Mataram City, Perseroan juga mengembangkan proyek Graha Indoland, yang merupakan tower Condotel 8 (delapan) lantai yang dioperasikan sebagai hotel oleh PT SOL Melia Indonesia dengan nama Innside by Melia Yogyakarta, yang terletak di Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kinerja Saraswanti (IDX: SWID)

Pendapatan SWID hingga akhir tahun 2021 adalah sebesar Rp127,27 miliar, turun 17% dibanding tahun 2020 yaitu sebesar Rp153,14 miliar.

Laba bersih Saraswanti Indoland Development Tbk tercatat sebesar  Rp20,43 miliar, turun 60% dari sebelumnya sebesar Rp44,28 miliar di tahun 2020.

Saraswanti Indoland Development Tbk (IDX SWID) sampai dengan akhir tahun 2021 memiliki total aset sebesar Rp266,57 miliar dan hutang sebesar Rp143,76. Sementara ekuitas SWID sebesar Rp122,80 miliar

Jumlah Saham IPO Saraswanti (IDX: SWID)

IPO Saraswanti (IDX: SWID) menawarkan saham ke publik sebanyak 340.000.000 (tiga ratus empat puluh juta) lembar saham. Jumlah ini setara dengan 6,3 % dari jumlah seluruh modal disetor SWID dengan nilai nominal Rp20,.

Saham SWID juga menawarkan waran seri I sebanyak  340.000.000 (tiga ratus empat puluh juta) Waran Seri I dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor. Setiap investor yang memegang 1 saham baru berhak memperoleh 1 Waran secara cuma-cuma atau 1:1. 

Harga Pelaksanaan Waran Seri I sebesar Rp250,- (dua ratus lima puluh Rupiah), yang dapat dilakukan setelah 6 (enam) bulan sejak waran dimaksud diterbitkan sampai dengan 12 (dua belas) bulan berikutnya, yang berlaku mulai tanggal 6 Januari 2023 sampai dengan tanggal 6 Januari 2024.

Saraswanti akan meraih dana dari IPO sebesar Rp68 miliar. Sementara total dana dari Waran Seri I adalah sebanyak-banyaknya Rp85.000.000.000 (delapan puluh lima miliar Rupiah).

Berdasarkan prospektus yang diterbitkan SWID. Dana hasil penawaran umum yang diperoleh saham SWID akan digunakan untuk modal kerja.

Adapun modal kerja yang dimaksud adalah terkait dengan pembayaran untuk biaya pemeliharaan MICC dan hotel, pembelian bahan baku untuk makanan dan minuman,pembelian persediaan hotel, pembayaran tenaga kerja dan utilitas, modal kerja untuk pembayaran kepada pemasok dan kontraktor dalam rangka pembangunan proyek apartemen Arjuna dan Bima serta pembangunan proyek Banyu Bening.

LIHAT JUGA: 20 Aplikasi Trading Terdaftar di OJK: Paling Banyak Digunakan 

IPO saham SWID menunjuk broker saham sebagai penjamin pelaksana emisi efek yaitu PT Shinhan Sekuritas Indonesia.

Jadwal  IPO SWID - Saraswanti Indoland Development Tbk:

  1. Masa Penawaran Awal Saham SWID: 17 – 23 Juni 2022
  2. Masa Penawaran Umum Saham SWID: 1 – 5 Juli 2022
  3. Tanggal Penjatahan Saham SWID dan Waran SWID: 5 Juli 2022
  4. Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan Saham SWID: 6 Juli 2022
  5. Tanggal Distribusi Saham SWID dan Waran SWID Secara Elektronik: 6 Juli 2022
  6. Tanggal Pencatatan Saham SWID dan Waran SWID Seri I di BEI: 7 Juli 2022
  7. Pemesanan IPO saham SWID dilakukan secara E-IPO

0 comments

Posting Komentar

Aplikasi Trading Saham Terbaik

Aplikasi Trading Saham Terbaik
10 Aplikasi Saham Terbaik OJK: Resmi dan Aman Digunakan

Berita Utama

20 Aplikasi Trading Terdaftar di OJK: Paling Banyak Digunakan

Aplikasi Trading Terdaftar di OJK – Paling banyak digunakan tahun 2022  yaitu Neo Host Mobile milik Mirae Aset Sekuritas (YP),  aplikasi IPO...