Tidak adil, toh?


Gaji ketua KPK itu berkisar 120 juta sebulan (termasuk tunjangan dll). Gaji staf-staf KPK bervariasi sekitar 20 s/d 50 juta sebulan.  Tinggi? Wajarlah, pekerjaan mereka penting sekali. Melawan korupsi.

Kalian tahu berapa gaji ditambah bonus komisaris BUMN? Kalau yang sekelas Telkom, PLN, Pertamina, Mandiri, itu sebulan bisa 1.000.000.000 s/d 2.000.000.000, alias milyaran.

Nah, nasibnya adalah, untuk jadi PNS KPK, pegawai-pegawai KPK yang sudah belasan tahun mengabdi, sudah nyata sekali prestasi kerja mereka, kongkrit, nangkepin koruptor, mereka harus ikut buanyak sekali test, termasuk Test Wawasan Kebangsaan. Barulah jadi PNS.

Sekarang pertanyaannya, untuk jadi komisaris, testnya apa?

Orang-orang yang sorry, latar belakang pendidikan tidak nyambung, pengalaman di korporasi besar tidak ada (jangankan korporasi dgn karyawan puluhan ribu; perusahaan dengan karyawan 100 saja tidak pernah), itu di test nggak pas jadi komisaris dgn gaji milyaran? Masa' gajinya bisa 50 kali lebih banyak, testnya nggak 50 kali lebih banyak juga? Kayaknya mudah banget deh jadi komisaris.

LIHAT JUGA: Cara Mendapatkan Dividen Saham

Semakin ke sini, dengan semakin terang dipertontonkan politik balas budi begini, bagi-bagi posisi untuk pendukung, saya sih kasihan lihat BUMN-nya. Bayangkan, di BUMN itu ada 25.000, ada yang bahkan 40.000 karyawan, banyak yang lulusan S2 dari Eropa, Amerika, mereka harus diawasi oleh orang-orang yang boleh jadi kompetensinya jauuuh sekali di bawah mereka.

Kasihan lihatnya. Tapi mau gimana lagi? Wong, karyawan BUMN-nya saja tidak protes. Mingkem saja. Jadi siapa yang mau protes? Dinikmati sajalah. Yang penting masing-masing aman. Gaji aman, sisanya bodo amat. Mari kita menabuh tifa pesta menyambut 2024, karena mereka sudah siap sedia pasang srategi. Pura-pura tidak tertarik jabatan, tapi saat posisi komisaris datang, langsung cup!

Mari berdansa, kawan, sambil lihat-lihat situasi. Nanti kita 'menjilat' siapa lagi?

Penulis: Tere Liye, penulis novel 'Negeri Para Bedebah'
Sumber: fanpage facebook Tere Liye

LIHAT JUGA: Aplikasi Trading Saham Terbaik dan Resmi Terdaftar di OJK

0 comments

Posting Komentar

Berita Utama

20 Saham Ini Bagi Dividen Juni 2021, No 20 Paling Oke

Kuhuni.com – Jadwal dividen Juni 2021 telah diumumkan dan banyak saham yang bagi dividen ke investor. Pembagian dividen ada di bulan Juli 20...