Perbedaan Pasar Saham Dan Pasar Modal

pasar modal

Perbedaan pasar saham dan pasar modal masih banyak disalah artikan oleh orang. Keduanya memang terdengar mirip bahkan terlihat sama, namun sebenarnya tidak.

Jadi apa perbedaan dan persamaan pasar saham dan pasar modal?

Pasar modal (capital market) adalah pasar perdangan yang memperdagangkan berbagai instrumen keuangan seperti saham, reksa dana, waran, surat utang (obligasi), right dan instrumen derivatif lainnya seperti furure, option, dan lain sebagainya. Sedangkan pasar saham adalah khusus memperdangakan saham.

LIHAT JUGA: Aplikasi Trading Saham Terbaik dan Resmi Terdaftar di OJK

Dengan kata lain pasar saham (stock market)  adalah bagian dari pasar modal. Di pasar saham hanya mentransaksikan saham dan turunannya seperti waran, dll.

Baik pasar modal dan pasar saham keduanya sama-sama memiliki fungsi yaitu sebagai tempat atau wadah bagi perusahaan, investor, sekuritas untuk melakukan transaksi jual beli saham. Bagi perusahaan sendiri berfungsi untuk tempat mencari pendanaan guna untuk keperluan perusahaan seperti ekspansi, menambah modal, bayar utang dan lainnya.

LIHAT JUGA: Istilah Pasar Saham yang Wajib Diketahui

Perbedaan pasar saham dan pasar modal memang seringkali dicampur adukkan, sehinggga membuat orang sudah memahami dasarnya. Hal ini terjadi karena media massa seringkali mencampuradukkan penggunaan bahasa pasar saham dan pasar modal.

0 comments

Posting Komentar

Aplikasi Trading Saham Terbaik

Aplikasi Trading Saham Terbaik
10 Aplikasi Saham Terbaik OJK: Resmi dan Aman Digunakan

Berita Utama

20 Aplikasi Trading Terdaftar di OJK: Paling Banyak Digunakan

Aplikasi Trading Terdaftar di OJK – Paling banyak digunakan tahun 2022  yaitu Neo Host Mobile milik Mirae Aset Sekuritas (YP),  aplikasi IPO...