PUSING KARENA KARTU KREDIT? LAKUKAN 7 TIPS BERIKUT!

Tips Memakai Kartu Kredit
Kuhuni.com - Cermati pemakaian kartu kredit Anda. Bagi orang perkotaan pasti sering mendengarkan topik kartu kredit. Hal ini perlu dicermati. Ada yang membicarakan hal buruk, ada juga yang baik. Kartu kredit sebenarnya memiliki manfaat baik bagi penggunanya. Asalkan kita mau belajar, tahu cara dan tips mengelola kartu kredit. Berikut beberapa tips mengunakan kartu kredit yang bisa Anda lakukan.

 1. Pilih Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Sebelum memutuskan memiliki kartu kredit. Pilih pihak penerbit kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, apabila Anda suka jalan-jalan atau bepergian karena urusan bisnis. Pilih kartu kredit yang banyak menawarkan kemudahan dan diskon jalan-jalan.

Bagi yang ingin menggunakan kartu kredit untuk berbelanja kebutuhan, pilih kartu kredit yang banyak menawarkan diskon belanja. Begitu juga dengan yang lainnya, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Memakai Kartu Kredit
2. Hindari Memiliki  Lebih dari Satu Kartu Kredit

Usahakan cukup memiliki satu kartu kredit. Lebih dari satu, akan membuat Anda pusing. Contohnya dalam hal membayar tagihan. Anda merasa sudah membayar tagihan kartu kredit Anda, tetapi Anda lupa jika tagihan kartu kredit kedua  belum Anda bayar.

Memiliki beberapa kartu kredit memang sangat enak buat berbelanja. Anda cukup menggesek sana-sini. Namun Anda akan pusing saat gaji habis, bahkan kurang buat bayar tagihan.

3. Hindari Penggunaan Batas Limit

Kebiasaan pengguna kartu kredit adalah tidak mengetahui berapa lagi sisa limit kartu kreditnya. Sehingga saat melakukan transaksi di satu tempat, mesin electronic data capture (ECD) langsung menolak kartunya.

Memakai kartu kredit sampai batas limit juga akan memperbesar tagihan. Sehingga saat hal penting terjadi, misalnya sakit atau hal lainnya. Anda tidak bisa lagi memanfaatkan kartu kredit Anda.

Bijak Memakai Kartu Kredit
4. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Bedakan antara butuh dan ingin. Tawaran diskon terkadang sangat menggiurkan. Contohnya ada diskon barang yang kita sukai. Namun barang tersebut belum tentu kita butuhkan, atau wajib kita miliki untuk menunjang keberlangsungan hidup kita.

5. Sesuaikan dengan Penghasilan Anda

Perhitungkan berapa gaji atau pendapatan Anda setiap bulannya. Jangan sampai tagihan kartu kredit Anda lebih besar dari gaji Anda. Apabila ini terjadi, Anda akan gali lubang tutup lubang. Usahakan tagihan kartu kredit Anda sepertiga dari penghasilan.

6. Siapkan Uang Tunai Secukupnya di Dompet

Memiliki uang tunai yang cukup di dalam dompet, sangatlah membantu. Hal ini membuat Anda tidak perlu terus menggunakan kartu kredit. Atau menggesek kartu kredit setiap kali jalan.

Dengan tersedianya uang tunia, Anda akan lebih selektif dalam berbelanja.  Sehingga tagihan kartu kredit Anda tidak membengkak.

Kartu Kredit

7. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Hal ini sangat penting. Bayar tagihan kartu kredit Anda tepat waktu, jangan sampai lewat batas jatuh tempo. Sehingga Anda terhindar dari bunga yang tinggi.

Kartu kredit akan bermanfaat dan mempermudah Anda dalam kehidupan, asalkan Anda menggunakannya secara tepat. Semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda.

Penulis/Editor: Tim Kuhuni.com

0 comments

Posting Komentar

Berita Utama

Jumlah Kredit Macet Bank BRI, BNI, BCA dan Mandari, Lihat Kredit Macet Terbesar dan Terkecil!

Kuhuni.com – Perbankan raksasa di Indonesia telah melaporkan hasil kinerja sepanjang tahun 2020. Rata-rata kinerja bank besar di Indonesia ...