Profil dan Sejarah Bisnis Sido Muncul

Sido Muncul
Kuhuni.com – Sido Muncul adalah industri jamu/herbal dan suplemen, produk food & beverage, dan produk Farmasi. Sido Muncul memiliki produk herbal unggulan yang sudah dikenal masyarakat luas yaitu Tolak Angin. Tolak Angin memiliki berbagai macam jenis mulai dari Tolak Angin Cair, Tolak Angin Cair Anak, Tolak Angin Bebas Gula dan Tolak Angin Flu, Tolak Linu Cair, Tolak Linu Mint dan Tolak Linu.

Sido Muncul juga memiliki produk unggulan untuk kategori Food & Beverage yaitu Kuku Bima Ener-G. Sedangkan untuk merek lainnya yaitu Susu Jahe dan Kopi Jahe, serta berbagai macam minuman kesehatan lainnya. Sedangkan untuk kategori farmasi yaitu Anacentine Sirup, Inflasone, dan Licodexon.

 

Sido Muncul lahir dari tangan dingin dan terampil Ibu Rahmat Sulistio yang merintis usaha rumahan dengan tiga orang karyawan pada tahun 1930an di Yogyakarta. Pada tahun 1940, Ibu Rahmat Sulistio untuk pertama kalinya meracik ramuan jamu godogan untuk masuk angin yang dinamakan “Tolak Angin”.

 

Pemilihan bahan yang berkualitas dan komposisi yang tepat membuat jamu Tolak Angin disukai masyarakat dan semakin populer. Namun, situasi perang membuat keluarga Ibu Rahmat Sulistio harus hijrah ke Semarang. Pada tahun 1951, sebuah pabrik jamu sederhana didirikan di jalan Mlaten Trenggulun, Semarang, dengan nama “Sido Muncul” yang artinya “Impian yang Terwujud”.

 

Dengan naluri bisnisnya yang jauh melampaui zaman, Ibu Rahmat Sulistio mulai memproduksi jamu Tolak Angin berbentuk serbuk dalam kemasan kertas yang praktis sehingga pembeli dapat menyimpannya di rumah dan menyeduhnya sendiri kapan saja dibutuhkan.

 

Hampir 20 tahun kemudian, pada tahun 1970, dibentuk persekutuan komanditer dengan nama CV Industri Jamu & Farmasi Sido Muncul. Pada tahun 1975, bentuk usaha Sido Muncul diubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul. Seluruh usaha dan aset dari CV Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul digabungkan ke dalamnya dan dilanjutkan oleh perseroan terbatas tersebut.

 

Baca Juga: Sejarah Perjalanan Bisnis Astra International


Seiring dengan pengembangan skala usaha, kapasitas produksi pabrik di Jalan Mlaten Trenggulun tidak mampu lagi memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. Maka pada tahun 1984, Sido Muncul memindahkan lokasi pabrik ke Lingkungan Industri Kecil (LIK) di Jl. Kaligawe, Semarang.

 

Pabrik yang baru dibangun tersebut telah menggunakan mesin-mesin modern dengan jumlah karyawan yang terus bertambah seiring dengan peningkatan kapasitas produksi. Sejalan dengan kemajuan teknologi dan inovasi, Tolak Angin terus dikembangkan, dan pada tahun 1992 Sido Muncul mulai memproduksi Tolak Angin dalam bentuk cair yang lebih praktis dan rasa yang enak. Meskipun demikian, sejak masih dalam bentuk jamu godogan pada tahun 1930, lalu menjadi jamu serbuk pada tahun 1951 hingga menjadi bentuk cair saat ini, resep Tolak Angin yang diformulasikan oleh Ibu Rahmat Sulistio masih tetap sama.

 

Untuk mengantisipasi kemajuan di masa yang akan datang, pada tahun 1997 Sido Muncul membangun unit pabrik yang lebih besar dan modern di lahan seluas 30 hektar di Klepu, Kecamatan Bergas, Ungaran, Jawa Tengah. Luas bangunan pabrik adalah sekitar 8 hektar dan sisanya menjadi kawasan pendukung lingkungan pabrik.

 

Peletakan batu pertama pembangunan pabrik di Klepu dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X disaksikan oleh Direktur Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan saat itu. Pabrik tersebut diresmikan pada tanggal 11 November 2000 oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial saat itu. Saat peresmian pabrik, Sido Muncul sekaligus menerima 2 (dua) sertifikat, yaitu Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi. Kedua sertifikat tersebut menjadikan Sido Muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi.


Baca Juga: Sejarah Perkembangan Bisnis Bank BRI


Sido Muncul terus mengembangkan kapasitas produksi, menambah varian produk dan memperluas cakupan pasar hingga ke pasar global. Pada tahun 2018, Sido Muncul telah merampungkan pembangunan pabrik Cairan Obat Dalam II (COD II) dengan kapasitas produksi sekitar 100 juta sachet per bulan yang telah beroperasi penuh pada tahun 2019.

Sido Muncul

Sejarah Perkembangan Bisnis Sido Muncul Dari Tahun ke Tahun


Tahun 1940

Ibu Rahmat Sulistio mendirikan usaha rumahan dengan dibantu oleh tiga orang karyawan di Yogyakarta.

 

Tahun 1951

Ibu Rahmat Sulistio dan keluarga pindah ke Semarang lalu mendirikan perusahaan sederhana dengan nama “Sido Muncul” yang berarti “impian yang terwujud” dengan pabrik berlokasi di Jalan Mlaten Trenggulun, Semarang.

 

Tahun 1970

Persekutuan komanditer dengan nama CV lndustri Jamu & Farmasi Sido Muncul didirikan.


Tahun 1975

Terbatas dengan nama PT lndustri Jamu dan Farmasi Sido Muncul.


Tahun 1984

Pabrik Sido Muncul pindah ke Lingkungan lndustri Kecil (LIK) di Jl. Kaligawe, Semarang untuk meningkatkan kapasitas produksi dengan mesinmesin modern untuk memenuhi permintaan pasar yang terus bertambah.

 

Tahun 1997

Upacara peletakan batu pertama pembangunan pabrik baru di Klepu, Kecamatan Bergas, Ungaran yang lebih besar dan modern oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X disaksikan Direktur Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan.

 

Tahun 2000

Peresmian pabrik Klepu oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI pada

11 November 2000.

 

Tahun 2013

Sido Muncul melakukan Penawaran Umum Perdana saham sejumlah 1.500.000.000 (satu miliar lima ratus juta) saham dengan harga perdana sebesar Rp580 (lima ratus delapan puluh Rupiah) setiap saham.

 

Tahun 2014

PT Berlico Mulia Farma bergabung dengan Sido Muncul Group, menandakan pengembangan bisnis Sido Muncul ke industri farmasi.

 

Tahun 2015

Penyelesaian fasilitas ekstraksi baru pada PT Semarang Herbal Indo Plant dengan kapasitas produksi hingga 13.500 kg per hari dari kapasitas sebelumnya sebesar 4.500 kg per hari.


Tahun 2017

Mendirikan kantor cabang di Filipina


Tahun 2018

Mendirikan Muncul Nigeria limited

 

Tahun 2019

Memperoleh Sertifikat Halal Majelis Ulama Indonesia untuk 249 produk yang terbagi dalam tiga jenis produk: jamu, suplemen dan bahan suplemen, serta minuman dan bahan minuman.

 

Tahun 2020

Memperoleh penghargaan PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Penyelesaian fasilitas produksi RTD.



Profil Sido Muncul


Nama Perusahaan:  PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk

Alamat Kantor Pusat: Sido Muncul Lantai 1 Gedung Hotel Tentrem Jl. Gajahmada No. 123, Semarang 50134, Indonesia

Kantor Cabang: Grha Muncul Mekar Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua No. 27 Kebon Jeruk – Jakarta Barat 11550

Tel. : (62 24) 7692 8811

Faks. : (62 24) 7692 8815

Web : www.sidomuncul.co.id

Email : info@sidomuncul.co.id

 

Kode Saham  SIDO

Bursa Tempat Saham Dicatatkan: Bursa Efek Indonesia (BEI)

Modal Dasar: Rp5.000.000.000.000 (lima triliun Rupiah)

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh: Rp1.500.000.000.000 (satu triliun lima ratus miliar Rupiah

 

Informasi Pemegang Saham

PT Hotel Candi Baru           : 60%

Cocordant investments       : 21%

Masyarakat                         : 18,2%

 

Tanggal Pendirian 18 Maret 1975

Dasar Hukum Pendirian: Akta Pendirian Perseroan No. 21 tanggal 18 Maret 1975


Visi dan Misi Sido Muncul

Visi Sido Muncul

Menjadi perusahaan farmasi, obat tradisional, makanan minuman kesehatan, kosmetik, dan pengolahan bahan herbal yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

 

Misi Sido Muncul

  1. Mengembangkan produk-produk berbahan baku herbal dalam bentuk sediaan farmasi, obat tradisional, makanan minuman kesehatan, dan kosmetik berdasarkan penelitian yang rasional, aman, dan jujur.
  2. Mengembangkan penelitian obat-obat herbal secara berkesinambungan.
  3. Membantu dan mendorong pemerintah, institusi pendidikan, dunia kedokteran agar lebih berperan dalam penelitian dan pengembangan obat dan pengobatan herbal.
  4. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membina kesehatan melalui pola hidup sehat, pemakaian bahan-bahan alami, dan pengobatan secara naturopathy.
  5. Melakukan Corporate Social Responsibility (CSR) yang intensif.
  6. Mengelola perusahaan yang berorientasi ramah lingkungan.
  7. Menjadi perusahaan obat herbal yang mendunia.
Anak Usaha Sido Muncul

Anak Perusahaan Sido Muncul

 

PT Muncul Mekar

PT Muncul Mekar didirikan pada tahun 1986 dengan kantor pusat di Jalan Mlaten Trenggulun Nomor 102 Semarang di bawah pimpinan Jonatha Sofjan Hidajat.

 

PT Muncul Mekar adalah perusahaan distribusi yang khusus mendistribusikan semua produk Sido Muncul melalui jaringan distribusi yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

 

PT Muncul Mekar membuka empat kantor Perwakilan di Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya untuk menangani pemasaran di empat area yaitu: (a) Wilayah Jabodetabek, Sumatera, dan Pontianak, (b) Jawa Barat mencakup seluruh wilayah provinsi Jawa Barat, (c) Jawa Tengah mencakup seluruh wilayah provinsi Jawa Tengah, dan (d) Jawa Timur mencakup seluruh wilayah provinsi Jawa Timur, Indonesia bagian Tengah dan Indonesia bagian Timur.

 


PT Semarang Herbal Indo Plant

 

PT Semarang Herbal Indo Plant didirikan pada tahun 2010. PT Semarang Herbal Indo Plant adalah pabrik ekstraksi bahan baku yang didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi.

 

Penambahan fasilitas ekstraksi ini akan memperpendek mata rantai produksi, meningkatkan efisiensi dan standardisasi bahan baku serta menampung hasil panen para petani rempah. Keberadaan SHI telah meningkatkan mutu produk bahan dan obatobat herbal sehingga produk-produk yang dihasilkan Sido Muncul dapat memenuhi standar kualitas yang prima dan mampu bersaing di pasar global.

 


PT Berlico Mulia Farma

 

PT Berlico Mulia Farma adalah perusahaan farmasi pemegang sertifikat CPOB yang telah berdiri sejak tahun 1976 dengan nama Ita Farma (berubah nama menjadi PT Berlico Mulia Farma tahun 1993) diakuisisi sebagai langkah nyata Sido Muncul mewujudkan rencana jangka panjang melebarkan sayap ke industry farmasi. PT Berlico Mulia Farma berlokasi di Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

 

PT Berlico Mulia Farma resmi bergabung sebagai anak perusahaan Sido Muncul pada tanggal 1 September 2014 untuk mendukung visi Perseroan menjadi pemimpin industry farmasi di Indonesia.

 

Saat ini PT Berlico Mulia Farma telah memproduksi sekitar 105 jenis obat yang terdiri dari produk-produk ethical, OTC, suplemen makanan, dan obat herbal. Merek produk yang dipasarkan antara lain: Anacetine (obat penurun panas untuk anak), Berlosid (obat maag), Anabion (multivitamin anak-anak), Suprabion (multivitamin untuk orang dewasa), dan Minyak Telon Cap 3 Anak.

 


Muncul Nigeria Limited

 

Pada tanggal 15 Januari 2018, Perseroan mendirikan anak perusahaan di Nigeria bernama Muncul Nigeria Limited. Muncul Nigeria Limited akan difokuskan untuk mendistribusikan produk-produk Sido Muncul ke Nigeria dan negara-negara Afrika lainnya.

0 comments

Posting Komentar

Berita Utama

Jumlah Kredit Macet Bank BRI, BNI, BCA dan Mandari, Lihat Kredit Macet Terbesar dan Terkecil!

Kuhuni.com – Perbankan raksasa di Indonesia telah melaporkan hasil kinerja sepanjang tahun 2020. Rata-rata kinerja bank besar di Indonesia ...